trisokta
Blog Universitas Komputer Indonesia

HUMAS DALAM ORGANISASI

Era Reformasi telah membangkitkan kembali semangat kehidupan perpolitikan di Indonesia. Berbagai partai baru bermunculan, masing-masing dengan bendera dan agenda yang berbeda. Belum lagi munculnya figur-figur politik baru yang berusaha keras agar dikenal oleh masyarakat. Semua berlomba untuk mendapatkan perhatian. Semua berupaya untuk menggunakan berbagai cara guna mendapatkan perhatian itu. Dalam kondisi dan situasi perpolitikan seperti sekarang ini, dimana banyak partai politik baru, figur-figur serta kandidat politik yang masih baru pula, banyak diantara mereka yang kurang memanfaatkan keahlian
 
kehumasan di bidang politik. Partai-partai politik beserta para kandidat mereka, karena kekurangtahuannya, masih banyak yang menggunakan cara-cara lama dalam berkampanye. Misalnya dengan unjuk kekuatan pendukung atau pawai dengan mobil terbuka keliling kota. Hal tersebut bukannya salah, hanya saja banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam
kampanye politik selain teknik-teknik lama yang sudah kuno tersebut. Di lain pihak, bangkitnya semangat untuk kembali berpolitik aktif yang menjangkiti berbagai elemen masyarakat ini merupakan kesempatan bagi praktisi-praktisi kehumasan untuk mempraktikkan keahlian mereka di bidang komunikasi politik, sebuah lahan yang selama ini kurang digarap dengan baik di Indonesia. Salah satu area yang cukup
 
menjanjikan bagi perkembangan humas komunikasi politik adalah apa yang biasa dikenal sebagai Election Campaign. Kampanye semacam ini biasanya dilakukan di seputar waktu menuju Pemilihan Gubernur. Dalam hal ini humas bisa menangani kampanye kandidat politik maupun partai politik itu sendiri. Sebuah kampanye politik biasa ditangani oleh profesional-profesional yang disebut sebagai Campaign Directors. Di Indonesia tim semacam ini dikenal sebagai Tim Sukses. Tugas Tim Sukses adalah menciptakan
 
sebuah citra yang positif bagi kandidat politik yang ditanganinya. Citrapositif disini hendaknya dimaknai dalam arti yang seluas-luasnyakarena apa yang ditangani oleh Tim Sukses tersebut mencakup banyakhal, dari hal yang sepele semacam penampilan fisik kandidat, kostumatau baju apa yang harus dipakai dalam suatu situasi tertentu,menggunakan setelan resmi atau baju yang lebih santai, potongan ataumodel rambut kandidat, hingga hal-hal yang lebih serius semacam bangaimana membangun hubungan dengan media, melakukan risetperilaku memilih masyarakat (voting behaviour research), melakukanpolling, mendesain pesan politik kandidat, serta menciptakanevent bagi kandidat untuk diliput media massa.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 21 November 12 - 19:51 WIB
Dalam Kategori : HUMAS, PILGUB, TIM SUKSES
Dibaca sebanyak : 896 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback